Senin, 20 April 2015

Soal Matematika Ini Bikin Heboh Dunia, Anda Bisa Jawab?

Masih ingat dengan soal Matematika 4x4 atau 6x4 yang menghebohkan dunia maya, khususnya Indonesia?
Kini muncul soal Matematika di Singapura yang juga sama hebohnya. Soal itu bukan cuma hitung-hitungan, tapi membutuhkan penalaran yang kompleks. Soal berbentuk soal cerita itu meminta siswa untuk menebak hari ulang tahun temannya.
Soal itu menyebar dan memicu kehebohan setelah diunggah oleh Kenneth Kong, pembawa acara Hello Singapore, di Facebook. Awalnya, Kong menyatakan soal itu ditujukan untuk siswa SD kelas 5. Namun ternyata dia mengonfirmasi bahwa soal Matematika itu untuk siswa SMP dan merupakan soal level olimpiade.
Soal itu bagian dari 25 pertanyaan yang diajukan kepada siswa SMP Singapura, yang mengikuti kompetisi Olimpiade Matematika yang digelar oleh Singapore and Asian Schools Math Olympiad pada 8 April lalu.
Henry Ong, pendiri Singapore and Asian Schools Math Olympiad, mengeluarkan pernyataan setelah soal tersebut membuat geger dunia maya. Sama seperti Kong, Ong menyatakan bahwa soal itu bukan untuk anak SD, jadi 'orangtua di Singapura tidak perlu khawatir'.
Begini soal Matematika yang menghebohkan itu.
Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl, dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl kemudian memberi mereka pilihan, yaitu tanggal:
15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
13 Juli, 16 Juli
14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus
Cheryl kemudian mengatakan pada Albert dan Bernard secara terpisah mengenai tanggal dan bulan kelahirannya secara berurutan. Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan-pernyataan.
Albert: Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tapi saya tahu Bernard tidak tahu juga.
Bernard: Awalnya saya tidak tahu kapan ulang tahu Cheryl, tapi saya tahu sekarang
Albert: Kemudian saya juga tahu kapan ulang tahu Cheryl
Jadi, kapan sebenarnya hari ulang tahu Cheryl?

Soal ini dibuat oleh para ahli Matematika, termasuk para profesor di Singapura dan luar negeri. Pertanyaan yang sama sebenarnya akan menjadi soal bagi peserta lainnya di 14 negara, termasuk Inggris, Malaysia, Brunei Darussalam dan Uzbekistan. Kamboja belum menjalankan kompetisi dan baru melakukannya pada 4 Mei mendatang.
Namun dengan bocornya soal rumit ini, Ong menegaskan akan segera diganti dengan soal lainnya.
(Ism, Sumber: Asia One)

 

Suka artikel ini ?
Daftarkan email anda untuk berlangganan berita terbaru kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar